18 Daftar Wisata Populer di Sumatera Utara yang Paling Populer dan Wajib di Kunjungi

18 Daftar Wisata Populer di Sumatera Utara – Diketahui selaku salah satu provinsi terbanyak di Indonesia, Sumatera Utara mempunyai kemampuan wisata yang tidak boleh ditatap sebelah mata. Kalian dapat menciptakan bermacam- macam pesona wisata, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, sampai kuliner khas. Seluruh perihal tersebut pasti dapat kalian rasakan dikala liburan di Sumatera Utara.

Tidak cuma menawarkan pesona yang luar biasa, tiap- tiap tempat wisata berikut pula mempunyai cerita dan keunikan yang menarik buat dikenal. Bila kalian berencana mendatangi Sumatera Utara dalam waktu dekat, ayo ikuti saran 18 tempat wisata di Sumatera Utara dari Taksi Taloc!

18 Daftar Wisata Populer di Sumatera Utara

18 Daftar Wisata Populer di Sumatera Utara
18 Daftar Wisata Populer di Sumatera Utara

1. Halaman Nasional Gunung Leuser

Secara administratif, Halaman Nasional Gunung Leuser terletak di 2 provinsi berbeda, ialah Aceh serta Sumatera Utara. Perihal tersebut tidak mengagetkan, mengingat luas zona halaman wisata ini menggapai 1. 094. 692 hektar. Tempat wisata ini ialah kawasan hutan yang menaruh bermacam cagar alam, semacam Suaka Margasatwa Gunung Leuser, Suaka Margasatwa Kappi, Suaka Margasatwa Kluet, Halaman Wisata Gurah, serta masih banyak lagi.

Menariknya, halaman nasional ini jadi salah satu web peninggalan dunia cocok ketetapan UNESCO. Bila kalian tertarik buat berkunjung, datanglah pada bulan Juni sampai Oktober. Pada bulan tersebut, curah hujan lumayan rendah sehingga bisa mempermudah kalian dikala menjelajahi halaman nasional. Nantinya, kalian hendak dikenakan bayaran tiket sebesar Rp7. 500 buat turis dalam negeri serta Rp225. 000 buat turis mancanegara.

Baca Juga :

12 Daftar Agen Travel Medan Terbaik

2. Salju Panas Besar Raja

Bila di Pulau Jawa kalian memahami Kawah Putih Ciwidey, hingga di Sumatera Utara ada wisata seragam bernama Salju Panas Besar Raja. Kalian pasti bingung menimpa asal- usul penamaan posisi tersebut, bukan? Kata“ salju” diseleksi sebab di tempat ini ada suatu kawah yang didominasi warna putih semacam salju. Sebaliknya kata“ panas”, digunakan sebab air bercorak biru kehijauan kawah bersuhu panas.

Buat mengarah kawasan wisata ini, kalian butuh berkendara dekat 3 jam dari pusat Kota Medan. Dari Medan, kalian hendak melewati kawasan Lubuk Pakam, Dolok Masihul, Galang, sampai Bangun Purba. Sesampainya di posisi Salju Panas Besar Raja, kalian tidak hendak dikenakan bayaran apa juga. Tetapi, kalian butuh membayar Rp5. 000 bila bawa kendaraan individu.

3. Air Terjun Sipiso- piso

Terletak di dekat pemukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merk, Karo, Air Terjun Sipiso- piso menawarkan pesona alam yang hendak membuat kalian berdecak kagum. Terletak di ketinggian 800 mdpl, Air Terjun Sipiso- piso jadi salah satu air terjun paling tinggi di Indonesia dengan besar pancuran 120 m.

Posisi air terjun ini lumayan terjangkau, kalian cuma butuh menempuh 35 kilometer ekspedisi dari Kota Berastagi ataupun dekat 45 menit berkendara dari pusat Kota Medan. Jalan mengarah kawasan wisata ini juga telah tertata apik, sehingga seluruh tipe kendaraan bermotor dapat melaluinya dengan nyaman. Sesampainya di posisi, kalian butuh mempersiapkan duit Rp5. 000 selaku tiket masuk wisata Air Terjun Sipiso- piso.

Baca juga :

38 Daftar Alamat Agen Travel Padang Sidempuan

4. Danau Toba

Selaku danau terbanyak di Indonesia serta Asia Tenggara, Danau Toba jadi salah satu objek wisata yang tidak boleh kalian lewati di Sumatera Utara. Terdapat banyak perihal yang dapat kalian jalani di mari, mulai dari memandang web sejarah, mendatangi rumah adat Batak, sampai mengelilingi Desa Tuktuk Siadong- adong.

Buat mengarah Danau Toba, kalian butuh menempuh 5 jam berkendara dari pusat Kota Medan. Ada pula bermacam moda transportasi yang dapat kalian seleksi, semacam kendaraan individu ataupun sewa, bis, maupunkereta api. Tidak butuh takut kekurangan waktu buat menikmati segala pesona Danau Toba, sebab kalian dapat bermalam di bermacam penginapan yang ada di dekat danau.

5. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Semenjak ditetapkan pada 14 Mei 1999, Rahmat International Wildlife Museum and Gallery jadi tempat wisata bimbingan terkenal di Sumatera Utara. Museum ini menaruh bermacam- macam koleksi fauna liar yang diawetkan dari hasil perburuan segala penjuru dunia. Walaupun begitu, segala hasil buruan tersebut telah melaluiconservation by utilization( standar perburuan binatang liar dunia).

Ada lebih dari 2. 000 berbagai binatang yang dapat kalian temukan di tempat ini. Salah satunya kelompokAfrican Big Five, yang terdiri dari 5 mamalia terbanyak Afrika ialah gajah, badak putih, banteng, singa serta macan tutul. Tertarik buat mengunjunginya? Kalian dapat mengarah Jalur Letjend S. Parman Nomor 309, Medan buat memandang segala koleksi tersebut. Museum ini buka tiap Selasa–Minggu jam 09: 00–17: 00.

6. Pulau Samosir

Pulau Samosir ialah salah satu pulau yang sangat terkenal di Sumatera Utara. Lokasinya yang terletak pas di tengah Danau Toba jadi energi tarik tertentu untuk turis. Terdapat banyak kegiatan seru yang dapat kalian jalani di pulau vulkanik ini, mulai dari bertualang di Goa Marlakkop, melihat pertunjukan tari Sigale- gale, berkelana Museum Huta Bolon Simanindo, sampai menikmati keunikan Batu Parsidangan.

Ada 3 jalan perairan Danau Toba yang dapat kalian seleksi buat mengarah Pulau Samosir, ialah lewat Pelabuhan Ajibata ke Pelabuhan Tomok, Tigaras mengarah Simanindo, serta lewat Muara mengarah Nainggolan. Spesial rute Muara– Nainggolan, cuma dapat kalian lalui pada hariSenin, Kamis, serta Sabtu. Biasanya, segala rute memakai akomodasi feri dengan kisaran harga tiket Rp90. 000–Rp100. 000.

7. Green Hill City

Alternatif wisata lain yang pantas kalian kunjungi sepanjang di Sumatera Utara merupakan Green Hill City. Sesungguhnya, Green Hill City ialah salah satu kawasan perumahan elite di Sibolangit, Deli Serdang. Tetapi, kalian dapat menciptakan bermacam wahana bermain serta hiburan keluarga di kawasan ini. Mulai dariroller coaster, kincir raksasa, sampai bioskop 4D merupakan sebagian wahana yang dapat kalian coba.

Bila tertarik buat mencobanya, kalian cuma butuh mempersiapkan duit sebesar Rp10. 000 per orang selaku tiket masuk ataupun Rp45. 000 per orang selaku tiket terusan. Tidak butuh takut hendak kepanasan, alasannya posisi Green Hill City bersebelahan dengan Gunung Sibayak yang membuat hawa di mari lumayan sejuk. Jadi, tunggu terlebih?

Baca Juga :

Bus Taxi Travel dari Padang Sidempuan ke Kota Medan

8. Tepi laut Sorake serta Tepi laut Lagundri

Untuk pencinta berolahraga air, Tepi laut Sorake serta Tepi laut Lagundri di Sumatera Utara merupakan posisi wisata yang butuh kalian kunjungi. Alasannya, kedua tepi laut tersebut sudah dinobatkan sebagaispot surfingterbaik di dunia. Tidak tidak sering, kedua tepi laut ini digunakan selaku posisi kejuaraansurfingtingkat nasional ataupun internasional, salah satunya merupakan Nias Open.

Keadaan gulungan ombak yang panjang membuat aksisurfingsemakin menantang. Konon, posisi tepi laut yang menghadap langsung Samudera Hindia membuat keadaan ombak lumayan besar sampai menggapai 7– 10 m. Biasanya, para peselancar dari bermacam negeri berkunjung dekat bulan April sampai September. Bila tertarik buat mencobanya, kalian dapat mengarah Kabupaten Nias Selatan, tepatnya 12 kilometer dari Teluk Dalam.

9. Bukit Gundaling

Mau memandang pesonasunrisedansunsetdi Sumatera Utara? Datanglah ke Bukit Gundaling di Jalur Jamin Ginting, Berastagi, Karo. Mempunyai ketinggian 1. 575 mdpl, bukit ini menyajikan pesona Kota Berastagi dari ketinggian. Posisi inilah yang membuat Bukit Gundaling sesuai selaku posisi memandang matahari terbit serta terbenam. Bila beruntung, kalian dapat memandang panorama alam Gunung Sibayak serta Sinabung dikala cuaca terang.

Terdapat bermacam metode yang dapat kalian tempuh buat mengarah puncak bukit, ialah berjalan kaki, menunggang kuda, maupun memakai delman. Walaupun ialah alam terbuka, Bukit Gundaling telah dilengkapi bermacam sarana semacam kedai santapan, wc, sampai toko oleh- oleh. Lumayan menarik, bukan?

10. Funland Mikie Holiday Resort& Hotel

Funland Mikie Holiday merupakan suatu halaman bermain yang terletak di Jalur Letjend. Jamin Ginting, Sempajaya, Berastagi. Tempat wisata yang senantiasa ramai di akhir minggu ini mempunyai bermacam wahana menarik, mulai dari Volcano, Twister, The Scream, Sky Bike, serta masih banyak lagi. Terdapat pula bermacam sarana pendukung yang dapat kalian manfaatkan, semacam gazebo, zona parkir, sampai kedai santapan.

Bila tertarik buat berkunjung, kalian dapat tiba jam 09: 30–18: 00. Nantinya, kalian butuh membayar tiket dengan harga Rp100. 000 buat dapat menikmati segala wahana yang ditawarkan. Supaya aktivitas bermain terus menjadi aman, hendaknya pakai baju yang aman ya. Dengan begitu, kehadiran kalian di Funland hendak jadi pengalaman yang mengasyikkan.

11. Danau Lau Kawar

Danau Toba tampaknya bukan salah satunya wisata danau di Sumatera Utara. Masih terdapat Danau Lau Kawar, salah satu danau di Kawasan Ekosistem Leuser( KEL) yang pantas kalian kunjungi. Terletak di ketinggian 2. 451 mdpl, membuat hawa di kawasan ini lumayan sejuk. Tidak cuma itu, lokasinya yang pas terletak di dasar kaki Gunung Sinabung membuat air Danau Lau Kawar amat jernih serta sejuk.

Menariknya, kalian dapat mendirikan tenda di zona yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Tetapi, ada pula pendopo yang dapat kalian pakai buat istirahat sejenak sambil menikmati kesegaran hawa dekat. Datanglah ke kawasan Karo, Berastagi buat memandang pesona Danau Lau Kawar. Kalian cuma butuh menempuh 3 jam berkendara dari pusat Kota Medan.

12. Masjid Raya Medan

Untuk yang tertarik dengan wisata religi di Sumatera Utara, Masjid Raya Medan pasti tidak boleh kalian lewati. Masjid terbanyak yang dibentuk oleh Sultan Ma’ moen Angkatan laut(AL) Rasyid Perkasa Alam ini mempunyai luas bangunan dekat 5. 000 m persegi. Masjid ini jadi tempat ibadah sangat megah dengan desain bangunan berupa persegi 8 yang dilengkapi 4 serambi utama. Terdapat pula pilar berdiameter 0, 6 m yang menyokong kubah utama masjid.

Saat ini, masjid yang pula diketahui dengan nama Masjid Raya Al- Mashun ini sudah berumur lebih dari satu abad. Tidak heran, bila masjid menemukan predikat selaku salah satu bangunan tertua di Kota Medan. Langsung saja mengarah Jalur Sisingamangaraja, Medan, buat memandang kemegahan Masjid Raya Medan!

Baca Juga :

Daftar Harga Tiket Bus Travel dari Kota Medan

13. Cagar Alam Sibolangit

Tempat wisata di Sumatera Utara yang lain merupakan Cagar alam Sibolangit. Wisata alam ini masih terletak satu kawasan dengan Halaman Wisata Sibolangit. Cocok gunanya selaku cagar alam, di mari kalian dapat menciptakan bermacam- macam flora serta fauna sangat jarang. Mulai dari tumbuhan angsana, sonokembang, meranti, durian hutan, sampai hewan sangat jarang semacam lutung merupakan sebagian habitat yang dilindungi di Cagar Alam Sibolangit.

Lokasinya yang terletak di Jalur Letjend Jamin Ginting Kilometer 38, Batu Layang, Sibolangit ini mempunyai akses yang lumayan gampang. Paling tidak, kalian butuh menempuh jarak 40 kilometer ataupun dekat 1 jam ekspedisi dari Kota Medan. Bila tertarik mengunjunginya, kalian butuh memohon izin terlebih dulu dengan pengelola setempat. Tidak cuma itu, kalian pula wajib mempersiapkan keadaan raga supaya dapat mengelilingi cagar alam seluas 100 hektar ini.

14. Rumah Tjong A Fie

Mau melancong sejarah? Datanglah ke Rumah Tjong A Fie di Jalur Jendral Ahmad Yani Nomor 105, Kesawan, Medan Barat. Tjong A Fie diketahui selaku seseorang dermawan kaya raya pada masa pemerintahan Kesultanan Deli era penjajahan Belanda. Kediaman ini mempunyai desain arsitektur khas Cina yang saat ini jadi salah satu tempat wisata terkenal di Sumatera Utara.

Di rumah ini, wisatawan dapat mengenali sejarah kehidupan Tjong A Fie lewat potret- potret yang terpampang di bilik rumah. Terdapat pula pajangan lukisan serta perabot rumah kuno yang amat menarik atensi. Buat mengelilingi rumah Tjong A Fie, kalian butuh membayar bayaran retribusi Rp35. 000 untuk turis universal serta Rp20. 000 buat pelajar.

15. Sipinsur

Mau memandang pesona Danau Toba dari sisi yang berbeda? Kalian dapat mendatangi Sipinsur, Desa Paerung, Humbang Hasundutan. Terletak di kawasan dataran besar Humbang Hasundutan, Sipinsur mempunyai ketinggian 1. 213 mdpl. Di mari, kalian dapat memandang pesona Danau Toba dari ketinggian. Tidak tidak sering, para juru foto memilah posisi ini buat mengabadikan lanskap danau terbanyak di Asia Tenggara tersebut.

Bila tertarik, cobalah tiba di waktu senja. Di waktu tersebut, kalian dapat memandang pesona Danau Toba berlatar balik langit oranye. Sehabis puas menikmati pesona alamnya, kalian dapat turun ke rumah masyarakat buat mencicipi hidanganmie gomakkhas Sipinsur secara free. Mie gomaksendiri ialah mi berbahan dasar telur serta tepung yang disajikan bersama kue beras dengan kuah yang kaya cita rasa rempah. Penasaran cobakelezatan kuliner ini?

16. Kebun Raya Tongkoh

Masih terdapat tempat wisata menarik di Sumatera Utara yang lain, ialah Kebun Raya Tongkoh. Objek wisata ini jadi posisi penangkaran bermacam tumbuhan hias serta buah. Mulai dari kebun markisa, jeruk khas Berastagi, sampai kebun stroberi dapat kalian temukan di mari. Tidak semata- mata berkelana, kalian juga dapat memetik buah serta tumbuhan buat dinikmati ataupun dijadikan cendera mata.

Di kebun seluas 25, 97 hektar ini kalian pula dapat memandang panorama alam Gunung Sinabung yang amat menawan. Tertarik buat mengunjunginya? Kalian dapat mengarah Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Karo. Dikala berkunjung, kalian wajib pakai baju hangat mengingat keadaan hawa Kebun Raya Tongkoh yang lumayan dingin.

Baca Juga :

Pesan Tiket Bus Travel ke Padang Sidempuan

17. Tepi laut Pandan

Pesona tepi laut Sumatera Utara pasti tidak dapat kalian anggap sepele. Salah satu yang sangat terkenal merupakan Tepi laut Pandan di Desa Pandan, Tapanuli Tengah. Tepi laut ini populer dengan pesona pasir putih serta air laut yang begitu jernih. Di mari, kalian leluasa bermain air ataupun berenang sebab keadaan ombak yang lumayan tenang.

Walaupun masih terkategori hening hendak wisatawan, tepi laut ini telah dilengkapi dengan bermacam sarana semacam gazebo, kedai santapan, sampai penginapan. Bila pernah mengunjunginya, cobalah buat tiba pada sore hari. Di waktu tersebut, kalian dapat melihat momensunsetyang populer amat menawan di Tepi laut Pandan.

18. Muara Tapanuli Utara

Bila dari Kota Parapat kalian cuma dapat menikmati Danau Toba dari tepi pantainya, hingga di Muara Tapanuli Utara, keelokan danau tersebut terpampang jelas di depan mata. Muara sendiri ialah suatu kota kecil yang dikelilingi perbukitan. Buat mengarah kawasan ini, kalian dapat mengarah Desa Hutanagadong, Tapanuli Utara.

Tidak hanya melihat pesona Danau Toba, kalian dapat memandang sisi lain Kota Muara dengan mendatangi Desa Bakti Raja. Konon, desa ini ialah tempat asal pahlawan nasional Indonesia, Raja Sisingamangaraja XII. Perihal tersebut dapat kalian buktikan dari bermacam sisa objek kerajaan di masa dulu sekali.

Kirim Barang dan Paket Murah Melalui :

Tapanuli Logistik Cargo

Jadi, apakah kalian telah memastikan tujuan wisata sepanjang di Sumatera Utara? Bermacam tempat wisata tersebut pasti hendak menaikkan seru liburan kalian sepanjang di tanah Batak ini. Mengingat banyaknya tempat wisata di Sumatera Utara, hendaknya jalani persiapan liburan secara matang. Dengan begitu, kalian dapat menikmati tiap sudut Sumatera Utara dengan mengasyikkan!

error: Content is protected !!