5 Bangunan Bersejarah di Kota Medan yang Menjadi Ikonik Kota

5 Bangunan Bersejarah di Kota Medan – kota Medan adalah kota terbesar nomor 3 di Indonesia. Merupakan kota besar yang menjadi penting, bagi pemerintahan Belanda dalam berbisnis. Banyak bangunan didirikan di zaman Belanda, untuk menyokong pemerintah Kesultanan Deli.

Keberadaan Belanda itu sendiri dan bisnis perkebunan puluhan sampai ratusan bangunan bersejarah Masih Berdiri. Tetapi, dari semua bangunan itu inilah 5 bangunan bersejarah yang paling ikonik di kota Medan.

5 Bangunan Bersejarah di Kota Medan

5 Bangunan Bersejarah di Kota Medan yang Menjadi Ikonik Kota
5 Bangunan Bersejarah di Kota Medan yang Menjadi Ikonik Kota

1. Mansion Tjong A Fie

Pada tahun 1860 hingga 1920 1 hiduplah seorang saudagar kaya asal Tiongkok bernama tjong a fie. Dia menjalankan usaha perkebunan di Medan, dan meraih kejayaannya. Kekayaannya sangat berlimpah, Ia juga berperan menjaga harmonisasi antara Kesultanan Deli dengan pemerintah kolonial Belanda, dan masyarakat Medan.

Rumah atau mansionnya terbilang sangat mewah pada zamannya. Terdiri dari dua lantai, dengan nuansa arsitektur kuno yang sangat kental. Luas rumah ini hingga 6000 M2 , meskipun sudah berusia lebih dari 100 tahun, pengelolanya yang merupakan turunan dari tionghoa, masih merawat bangunan ini dan menjadikannya objek wisata.

Baca Juga :

Daftar Agen Travel Medan Terbaik

2. Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi didirikan pada tahun 1908, oleh pemerintah Belanda. Dulunya, untuk tempat penampungan air bagi masyarakat golongan menengah ke atas. Pembangunan menara ini merupakan inisiatif Perusahaan Air milik pemerintah kolonial Belanda, yang berpusat di Amsterdam.

Saat ini, menara air tirtanadi dimiliki oleh PDAM tirtanadi dan berlokasi di persimpangan jalan Sisingamangaraja. Menara ini memiliki tinggi 42 meter dan berat mencapai 330 ton.

3. Kantor Pos Besar Medan

Didirikan pertama kali oleh pemerintah kolonial Belanda, dibangun pada tahun 1909 dan selesai pada tahun 1911. Bangunan ini memiliki luas 1.200 M2 dengan lebar 20 M dan panjang 60 M, serta tinggi 20 M.

Dulunya, bangunan kantor pos keberadaannya untuk mewadahi berkembang pesatnya usaha perkebunan tembakau Deli. Kantor pos ini terletak di jalan pos nomor 1 kesawan, Medan. Lokasinya bersebelahan dengan Lapangan Merdeka Medan.

Baca Juga :

Travel dari Padang Sidempuan ke Kota Medan

4. Istana Maimun

Istana Maimun merupakan Istana Kesultanan Deli, yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Medan. Istana ini di desain oleh seorang tentara kerajaan Belanda atas perintah Sultan Deli, yaitu Sultan Mahmud Al Rasyid. Istana Maimun mulai dibangun pada tahun 1888, dan selesai pada tahun 1891.

Bangunannya terdiri dari dua lantai, dan memiliki tiga bagian yaitu ruangan induk bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Luas Istana Maimun sebesar 2772 m2 , dan terdiri dari 30 ruangan. Istana Maimun merupakan bukti atas kemegahan dari Kesultanan Deli pada masanya.

5. Masjid Raya Medan

Terletak di Jalan Sisingamangaraja, pembangunan masjid ini diprakarsai di tahun 1960 Sultan Deli ke-9 yaitu, Sultan Mahmud ar-rasyid. Kapasitas masjid mampu menampung 1500 jamaah. Desain arsitekturnya yang unik khas timur tengah, India dan Spanyol, mampu menarik wisatawan banyak pengunjung yang datang untuk beribadah maupun sekedar melihat keunikan bangunan masjid ini.

Kirim Barang Dan Paket Murah di Medan :

Tapanuli Logistik Cargo

Itulah rangkuman mengenai 5 Bangunan Bersejarah di Kota Medan yang Menjadi Ikonik Kota , semoga bermanfaat..

error: Content is protected !!