Categories: Uncategorized

CNA vs. RN: Meneliti Pilihan Karir Kesehatan Ini

Anda telah membayangkan seperti apa karier dalam keperawatan bagi Anda. Meskipun gagasan bekerja sebagai perawat terdengar bermanfaat, menentukan langkah pertama Anda ke bidang ini bisa membingungkan. Ada begitu banyak jenis perawat, jabatan, dan akronim di bidang perawatan kesehatan sehingga sulit untuk mengetahui dengan tepat di mana Anda ingin memulai dan kredensial mana yang harus Anda upayakan untuk mewujudkannya.

Untuk membantu Anda dengan itu, kami telah memutuskan untuk menyoroti perbedaan antara perawat terdaftar (RN) dan asisten perawat bersertifikat (CNA). Meskipun judul pekerjaan ini mungkin tampak serupa, ada sedikit yang membuatnya berbeda satu sama lain. Kami akan membandingkan dan membedakan persyaratan pendidikan, gaji, dan tugas pekerjaan untuk membantu Anda melihat di mana Anda mungkin paling cocok. Baca terus untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kedua posisi perawatan kesehatan yang penting.

CNA vs RN: Dasar-dasar

Saat kita memulai, perlu diingat bahwa sementara “CNA” merujuk secara khusus pada asisten perawat bersertifikat, dalam artikel ini, kami menggunakan istilah tersebut untuk merujuk secara luas ke semua asisten perawat dan asisten perawat. Bergantung pada negara bagian yang Anda rencanakan untuk bekerja, Anda dapat menemukan asisten perawat dengan banyak sebutan, termasuk:

  1. Asisten perawat bersertifikat (CNA)
  2. Asisten perawat terdaftar (RNA)
  3. Asisten perawat yang teruji dan disetujui negara (STNA)
  4. Asisten perawat berlisensi (LNA)

Meskipun Anda mungkin menemukan banyak variasi dalam jabatan pekerjaan, perlu diingat bahwa tugas pekerjaan sebagian besar akan serupa tetapi mungkin sedikit berbeda tergantung pada fasilitas kesehatan.

Dengan menyingkir, mari kita lihat tugas CNA dan RN yang luas dan menyeluruh—di sinilah perbedaan antara kedua peran menjadi paling jelas.

Apa yang dilakukan CNA?

Asisten perawat bersertifikat adalah bagian penting dari tim perawatan kesehatan mana pun, baik di panti jompo, rumah sakit, atau pengaturan perawatan kesehatan di rumah. Meskipun mereka bukan perawat sejati, mereka membantu perawat dengan kebutuhan pasien, termasuk mengambil tanda-tanda vital, mengangkat dan mengangkut pasien, memberi makan pasien, dan membantu memandikan dan berpakaian.1

CNA sering juga membantu menyajikan makanan, membantu pasien menggunakan kamar mandi, dan memindahkan pasien antara tempat tidur dan kursi roda. Di beberapa negara bagian, tergantung pada sertifikasi CNA, mereka dapat memberikan obat yang diresepkan.

Apa yang dilakukan RN?

Perawat terdaftar adalah multitasker terampil yang merawat pasien dan mendukung penyedia layanan kesehatan lainnya. Tugas RN spesifik akan bervariasi tergantung pada pengaturan perawatan kesehatan dan spesialisasi keperawatan, tetapi tidak peduli pengaturannya, mereka memiliki ruang lingkup praktik dan tanggung jawab yang jauh lebih besar daripada asisten perawat.

Perawat terdaftar dapat memberikan obat kepada pasien, memantau mereka untuk reaksi atau efek samping, memperbarui catatan medis pasien, dan membuat dan menerapkan rencana perawatan pasien.1 Mereka juga memainkan peran penting dalam mendidik pasien dan keluarga mereka tentang perawatan medis dan perawatan di rumah. Perawat dapat bekerja di berbagai spesialisasi medis yang memperluas tugas mereka untuk memasukkan perawatan yang lebih khusus.

CNA vs RN: Keterampilan yang dibutuhkan

Cara lain untuk menghilangkan perbedaan antara peran-peran ini adalah dengan melihat keterampilan yang dicari pengusaha dalam posting pekerjaan. Kami menggunakan perangkat lunak analisis lowongan pekerjaan untuk memeriksa ribuan posting pekerjaan CNA dan RN. Temuan kami mengungkapkan keterampilan yang paling banyak dicari pengusaha di setiap bidang.

  1. Keterampilan CNA dalam permintaan: 2
  2. Perawatan pasien
  3. Kegiatan bantuan hidup sehari-hari
  4. Mandi
  5. Resusitasi Jantung Paru (RJP)
  6. Manajemen tanda-tanda vital
  7. Bantuan pasien
  8. Mandi pasien
  9. Toilet
  10. pengasuhan
  11. Keterampilan RN dalam permintaan:3
  12. Perawatan pasien
  13. Bantuan hidup jantung lanjutan (ACLS)
  14. Perencanaan pengobatan
  15. Perawatan akut
  16. Resusitasi Jantung Paru (RJP)
  17. Telemetri
  18. Dukungan hidup
  19. keperawatan perawatan kritis
  20. Pengalaman rumah sakit
  21. Edukasi dan instruksi pasien

Anda akan melihat bahwa daftar RN mencakup keterampilan medis yang lebih spesifik dan canggih sementara keterampilan CNA lebih condong ke arah membantu pasien dengan aktivitas sehari-hari, seperti pergi ke toilet dan mandi, tergantung pada pengaturannya. Kedua peran itu jelas tumpang tindih karena mereka biasanya melibatkan perawatan langsung terhadap pasien, tetapi RN mengambil tugas yang membutuhkan pelatihan dan pengetahuan lanjutan.

CNA vs. RN: Diperlukan pendidikan dan pelatihan

Perbedaan keterampilan dan tugas antara RN dan CNA tercermin dalam tingkat pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan untuk masing-masing. Singkatnya, jalur untuk menjadi CNA jauh lebih pendek daripada jalur untuk menjadi RN—tetapi Anda perlu melihat detailnya di bawah ini.

Bagaimana menjadi CNA

Salah satu hal yang paling menarik tentang pilihan karir perawatan kesehatan ini adalah Anda tidak memerlukan pendidikan tinggi untuk mendaftar program pelatihan asisten perawat. Di sebagian besar negara bagian, Anda hanya perlu berusia 18 tahun atau lebih, memiliki ijazah sekolah menengah atas atau GED, dan lulus beberapa pemeriksaan.

Itu membuat pelatihan asisten perawat ideal untuk lulusan sekolah menengah yang ingin melihat apakah perawatan kesehatan cocok untuk mereka sebelum mereka berinvestasi dalam pendidikan sarjana. Ini juga merupakan pilihan yang baik jika Anda hanya ingin mendapatkan pengalaman hidup dan membangun keterampilan interpersonal Anda.

Apa pun motivasi Anda, Anda harus menyelesaikan program pelatihan asisten perawat, dan kemudian Anda akan mengikuti ujian CNA (atau setara) negara bagian Anda. Meskipun persyaratannya akan bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya, kemungkinan akan ada kombinasi dari tes tertulis dan keterampilan.

Bagaimana menjadi RN

Di sisi lain, menjadi RN membutuhkan lebih banyak pendidikan dan pelatihan. Untuk menjadi perawat terdaftar, Anda harus mendapatkan gelar Associate dalam Keperawatan (ADN) atau Bachelor of Science in Nursing (BSN), lulus ujian NCLEX-RN, dan memenuhi persyaratan lisensi negara bagian lainnya.

Pada akhirnya, jalur ADN dan BSN dapat mengarah pada karier sebagai RN—keputusan Anda hanya bergantung pada apa yang terbaik untuk Anda berdasarkan berapa banyak waktu yang ingin Anda habiskan di sekolah dan apa tujuan karier pribadi Anda. Misalnya, mereka yang mungkin tertarik dengan lead keperawatan

jabatan atau peran yang sangat terspesialisasi dapat memperoleh manfaat dari memperoleh BSN. Dengan demikian, ADN-RN selalu memiliki pilihan untuk kembali ke sekolah jika mereka memutuskan pendidikan lebih lanjut sejalan dengan tujuan karir mereka.

CNA vs RN: Gaji dan prospek pekerjaan
Saat meneliti pilihan karir, tidak ada salahnya untuk memiliki gagasan tentang seperti apa pasar kerja dan seberapa besar potensi penghasilan Anda. Untungnya, karena sistem perawatan kesehatan membentang untuk mengakomodasi populasi baby boomer yang besar dan menua, Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS) memproyeksikan bahwa rumah sakit, klinik, dan fasilitas perawatan jangka panjang akan bergantung pada perawat dan pembantu perawat tambahan untuk membantu memenuhi permintaan pasien yang terus meningkat. .1

Informasi gaji CNA

Meskipun benar ada hambatan masuk yang lebih rendah untuk CNA, trade-offnya adalah mereka cenderung menghasilkan lebih sedikit daripada RN. BLS melaporkan gaji tahunan rata-rata 2020 sebesar $30.850 untuk asisten perawat.1 Asisten perawat yang bekerja untuk pemerintah atau di rumah sakit cenderung menghasilkan lebih banyak daripada mereka yang bekerja di fasilitas perawatan atau pengaturan perawatan kesehatan di rumah.1

Pekerjaan asisten perawat kemungkinan akan meningkat, dengan proyeksi pertumbuhan peluang delapan persen dari 2019–2029, dua kali lipat rata-rata nasional empat persen untuk semua pekerjaan.1

Informasi gaji RN

Sementara RN tentu saja memiliki tanggung jawab pekerjaan dan persyaratan pendidikan yang lebih tinggi daripada CNA, potensi penghasilan mereka mencerminkan peningkatan ini. Pada tahun 2020, gaji tahunan rata-rata untuk RN adalah $75.330, menurut BLS.1

Seperti halnya CNA, proyeksi pertumbuhan lapangan kerja untuk RN tampaknya berada dalam kondisi yang baik. BLS memproyeksikan pertumbuhan tujuh persen dalam pekerjaan dari 2019–2029 untuk posisi ini—itu adalah proyeksi sekitar 221.900 pekerjaan baru!1

Temukan jalan Anda menuju perawatan kesehatan

Ada banyak hal yang disukai tentang bekerja di bidang perawatan kesehatan, tetapi tetap penting untuk menemukan peran yang tepat untuk Anda. Sekarang setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang perbedaan antara perawat terdaftar dan asisten perawat bersertifikat, Anda harus memiliki gambaran yang lebih jelas tentang peran mana yang sesuai dengan rencana karir Anda. CNA memiliki periode pelatihan yang relatif singkat, dan bekerja sebagai seseorang dapat memberikan pengalaman berkualitas bagi siapa saja yang ingin bekerja secara langsung dengan pasien dalam peran yang lebih maju—seperti perawat terdaftar—di masa depan.

Ingatlah bahwa itu adalah langkah yang sepenuhnya opsional. Jika Anda siap untuk memulai jalur menjadi perawat terdaftar sesegera mungkin, artikel kami “Cara Menjadi RN Fast: 3 Jalur Potensial untuk Dikejar” akan memperjelas pilihan Anda.

Recent Posts

5 Cara Inovatif untuk Menampilkan Kepemimpinan dalam Keperawatan

Anda menyukai pekerjaan Anda sebagai RN. Anda pulang ke rumah setiap hari dengan perasaan puas…

7 hari ago

Bisakah Saya Bekerja Saat di Sekolah Perawat? Dan 6 FAQ Lainnya Tentang Menjadi Perawat

Memilih menjadi perawat adalah keputusan besar. Mungkin Anda pernah mempertimbangkannya secara singkat sebelumnya tetapi memiliki…

7 hari ago

7 Wawasan Karir yang Ingin Saya Ketahui Sebelum Memulai Sekolah Perawat

Semua orang tahu bahwa melihat ke belakang adalah 20/20. Tetapi ketika datang untuk berinvestasi dalam…

7 hari ago

6 Tanda Anda Akan Maju dalam Program Akselerasi BSN

Jika Anda telah menjelajahi opsi gelar BSN, jalur yang dipercepat pasti bisa menarik. Lulus lebih…

7 hari ago

Inovasi dalam Keperawatan: 6 Cara Bidang Ini Mendorong Maju

Anda mungkin sudah tahu sekarang betapa dinamisnya profesi keperawatan—selalu berubah, diperbarui, dan meningkat. Di tengah-tengah…

1 minggu ago

Apa Kompetensi QSEN dan Mengapa Penting bagi Perawat?

Jika Anda tertarik dengan keperawatan atau bagian mana pun dari dunia medis, Anda sudah tahu—akronim…

1 minggu ago