Categories: Uncategorized

Membaca Buku Teks Secara Efektif

Apakah Anda merasa menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membaca buku teks? Apakah Anda pernah merasa kewalahan dengan jumlah informasi yang dikandungnya? Apakah Anda mengalami kesulitan untuk fokus atau mencari tahu apa yang penting? Buku teks bisa jadi membosankan dan sulit, tetapi berisi banyak fitur yang dirancang untuk membantu Anda belajar. Handout ini akan memberikan strategi praktis untuk membantu Anda membaca buku teks dengan lebih efektif. Strategi membaca yang efektif dapat memastikan bahwa Anda benar-benar memahami materi pelajaran, datang ke kelas dengan persiapan, dan berkinerja lebih baik dalam tugas kelas dan ujian.

Bagaimana buku pelajaran itu unik

Buku teks berisi banyak fitur yang tidak selalu Anda temui dalam novel, artikel, atau jenis teks lainnya. Fitur-fitur ini memberikan banyak informasi dan petunjuk tentang teks. Anda harus selalu meluangkan beberapa menit untuk melihat pratinjau bab atau bagian sebelum Anda mulai membaca sehingga Anda bisa mendapatkan gagasan tentang konsep utama di bagian itu. Ini akan membantu Anda untuk memiliki tujuan dan fokus yang lebih baik dalam membaca dan akan membantu Anda untuk dapat mengeluarkan ide-ide penting dengan lebih mudah.

Strategi membaca aktif

Banyak siswa mendekati membaca buku teks dengan membuka buku dan memulai dengan kalimat pertama dalam bab tersebut. Mereka kemudian biasanya jatuh ke dalam salah satu dari dua kategori: mereka yang dengan susah payah membaca setiap kata dan menyalin halaman catatan selama berjam-jam, atau mereka yang dengan santai membaca kata-kata dan membalik halaman. Meskipun sangat berbeda, kedua pendekatan tersebut bersifat pasif karena tidak melibatkan pemikiran aktif dan kritis—pendekatan pertama mengubah pembaca menjadi mesin fotokopi, dan yang kedua jauh lebih sedikit memakan waktu tetapi tidak melibatkan keterlibatan aktif dengan pembaca. teks. Tidak ada pendekatan yang mengarah pada pemahaman atau retensi tingkat tinggi dari apa yang baru saja Anda baca.

Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa strategi membaca aktif mengarah pada pemahaman dan retensi dan membantu siswa tampil lebih baik di kelas. Strategi membaca aktif adalah strategi di mana Anda memaksa otak Anda untuk benar-benar melakukan sesuatu (sesuatu yang efektif dan didukung penelitian) saat membaca buku teks Anda. Di bawah ini adalah beberapa strategi membaca aktif yang praktis dan efektif yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan waktu membaca Anda.

Strategi sebelum Anda membaca

Pratinjau. Lihat melalui fitur teks dalam bab (judul, judul, grafik, kata-kata tebal, dll) untuk mendapatkan petunjuk tentang konsep utama dan elemen penting dari bab. Berikan perhatian khusus pada fitur-fitur ini saat mempratinjau buku teks Anda:

Judul, heading, dan subjudul
Ilustrasi, grafik, bagan, visual
Daftar kosakata, glosarium
Ringkasan akhir bab
Perkenalan
Tinjau pertanyaan dan latihan soal
Kotak minat khusus dan catatan di margin
Kata bercetak tebal

Kenali platform membaca digital Anda. Buku teks digital atau elektronik mungkin memiliki beberapa fitur tambahan. Apakah format digital mendorong jalur membaca tertentu, atau mudah untuk melompat-lompat? Bisakah Anda mem-bookmark halaman, atau adakah cara lain untuk menyimpan kemajuan Anda? Jika Anda mengikuti hyperlink, bagaimana Anda kembali ke tempat Anda sebelumnya? Mengenal struktur buku teks elektronik Anda dan melihat cara kerja navigasi halaman atau bagian akan menghemat waktu Anda dalam jangka panjang.

Mulailah di akhir. Bacalah ringkasan, daftar kosakata, pertanyaan bab, dan latihan soal terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran tentang aspek terpenting dari bagian tersebut dan apa yang diharapkan untuk Anda ketahui dan pahami setelah membacanya.

Aktifkan pengetahuan sebelumnya. Buat daftar apa yang sudah Anda ketahui tentang topik tersebut dan apa yang ingin Anda ketahui tentang topik tersebut/pertanyaan yang Anda miliki tentang topik tersebut.

Tetapkan tujuan. Berdasarkan apa yang Anda kumpulkan dalam pratinjau, tetapkan tujuan mengapa Anda membaca bab ini dan apa yang perlu Anda pahami, ketahui, atau dapat lakukan setelah membacanya.

Membuat prediksi. Tepat setelah melihat pratinjau, buat prediksi tentang apa yang Anda pikirkan tentang bab atau bagian ini.

Strategi saat Anda membaca

Cari tahu ide utamanya. Fokus pada kalimat pertama dan fitur teks untuk gagasan utama setiap paragraf atau bagian saat Anda membaca. Ini sering mengandung ide utama, sedangkan kalimat lain dalam paragraf memberikan dukungan dan rincian.

Gunakan pertanyaan untuk menemukan jawaban. Ubah judul dan topik utama menjadi pertanyaan, lalu baca jawabannya.

Selesaikan seluruh bagian atau halaman sebelum membuat catatan. Ketika Anda membuat catatan, buat catatan itu singkat, fokus pada ide-ide utama, dan tuliskan dengan kata-kata Anda sendiri. Lihat handout pencatatan kami untuk rekomendasi lebih lanjut tentang pencatatan yang efektif.

Coba skimming. Lihat selebaran kami tentang membaca sekilas untuk membaca tentang cara membaca sepintas secara efektif dan terarah.

Menghasilkan pertanyaan. Saat Anda membaca, tuliskan pertanyaan yang Anda miliki tentang teks. Juga, buatlah pertanyaan yang akan Anda ajukan pada ujian jika Anda adalah seorang profesor yang memberikan ujian tentang bab ini (gunakan untuk menguji diri nanti).

Berhenti dan simpulkan. Setelah setiap bagian (atau halaman), berhentilah dan tulis ringkasan singkat dari apa yang baru saja Anda baca dengan kata-kata Anda sendiri dari ingatan.

Tetap pendek. Tackle tidak lebih dari 5-10 halaman sekaligus. Atur jarak bacaan Anda sepanjang hari dan minggu daripada menjejalkan semuanya ke dalam sesi selama satu jam. Lihat selebaran manajemen waktu kami untuk menemukan beberapa kalender dan sumber daya untuk membantu Anda membagi bacaan Anda.

Buat koneksi. Sebelum, selama, atau setelah membaca, buat hubungan antara materi dan kehidupan Anda sendiri, dunia, dan teks/materi kursus lain yang telah Anda pelajari.

Strategi setelah membaca

Kunjungi kembali bab ini nanti. Alih-alih membaca ulang bab kali ini, fokuslah pada konsep utama. Catat bagaimana konten yang dibahas di kelas terhubung dengan materi di bab ini.

Atur pikiran Anda. Buat garis besar atau peta konsep untuk membantu Anda mensintesis dan memetakan informasi secara visual. Idealnya, mulailah dari ingatan dan ciptakan semua yang Anda bisa tanpa melihat buku teks Anda untuk lebih memahami apa yang Anda ketahui dengan baik dan apa yang perlu Anda pelajari; kemudian gunakan buku teks Anda untuk referensi dalam mengisi apa yang Anda tidak tahu dengan baik. Teknik ini akan membantu ingatan Anda lebih dari sekadar mengandalkan buku teks.

Membuat kartu flash. Buat kartu flash untuk istilah kunci, tanggal, orang, dll. dan gunakan untuk pengujian diri. Jawab pertanyaan/tentukan kata itu sendiri sebelum membalik kartu dan melihat jawabannya.

Memanfaatkan sumber daya lainnya

Pelatihan Akademik: Buatlah janji dengan pelatih akademik untuk mendiskusikan buku teks yang dibaca satu per satu dan mendengar tentang sumber daya lainnya.

Alat Daring Pusat Pembelajaran: Lihat semua materi dan video terkait kami, termasuk membuat catatan, membaca artikel jurnal, teks anotasi, dan banyak lagi.

Lokakarya Pusat Pembelajaran: Hadiri lokakarya tentang strategi membaca, yang difasilitasi oleh salah satu pelatih akademik kami.

Jam Kerja: Jadwalkan janji temu dengan profesor Anda untuk membahas kursus dan buku teks lebih lanjut.

Recent Posts

5 Cara Inovatif untuk Menampilkan Kepemimpinan dalam Keperawatan

Anda menyukai pekerjaan Anda sebagai RN. Anda pulang ke rumah setiap hari dengan perasaan puas…

7 hari ago

Bisakah Saya Bekerja Saat di Sekolah Perawat? Dan 6 FAQ Lainnya Tentang Menjadi Perawat

Memilih menjadi perawat adalah keputusan besar. Mungkin Anda pernah mempertimbangkannya secara singkat sebelumnya tetapi memiliki…

7 hari ago

7 Wawasan Karir yang Ingin Saya Ketahui Sebelum Memulai Sekolah Perawat

Semua orang tahu bahwa melihat ke belakang adalah 20/20. Tetapi ketika datang untuk berinvestasi dalam…

7 hari ago

6 Tanda Anda Akan Maju dalam Program Akselerasi BSN

Jika Anda telah menjelajahi opsi gelar BSN, jalur yang dipercepat pasti bisa menarik. Lulus lebih…

7 hari ago

Inovasi dalam Keperawatan: 6 Cara Bidang Ini Mendorong Maju

Anda mungkin sudah tahu sekarang betapa dinamisnya profesi keperawatan—selalu berubah, diperbarui, dan meningkat. Di tengah-tengah…

1 minggu ago

Apa Kompetensi QSEN dan Mengapa Penting bagi Perawat?

Jika Anda tertarik dengan keperawatan atau bagian mana pun dari dunia medis, Anda sudah tahu—akronim…

1 minggu ago