Categories: Uncategorized

Perawat Terdaftar vs. Praktisi Perawat: Tugas dan Perbedaan Dijelaskan

Jika Anda membutuhkan perawatan, Anda mungkin tidak akan menyadari kredensial orang yang merawat Anda—Anda hanya fokus melakukan apa yang perlu dilakukan untuk merasa lebih baik. Tetapi jika Anda mempertimbangkan karir di bidang keperawatan, penting untuk mengetahui berbagai tingkat pendidikan yang terlibat dalam profesi tersebut, karena ada perbedaan utama dalam pelatihan dan tanggung jawab.

Bidang perawatan kesehatan tidak memiliki kekurangan judul pekerjaan yang tampaknya serupa, dan itu tentu saja berlaku untuk peran perawat terdaftar (RN) dan praktisi perawat (NP). Meskipun keduanya memiliki nama “perawat”, ada beberapa perbedaan penting yang harus Anda ketahui saat Anda menjelajahi pilihan karir potensial.

Untuk membantu Anda menyelesaikan peran ini, kami telah meminta profesional kesehatan untuk mempertimbangkan dan memberikan ikhtisar tentang beberapa perbedaan utama. Mari kita mulai dengan melihat setiap peran satu per satu.

Apa itu perawat terdaftar (RN)?

Perawat terdaftar (RN) adalah orang yang telah memperoleh gelar Associate atau Sarjana keperawatan, lulus ujian lisensi NCLEX-RN® dan telah memenuhi semua persyaratan lain untuk mendapatkan lisensi negara bagian untuk praktik sebagai RN. Anda dapat menemukan RN bekerja di berbagai pengaturan perawatan kesehatan di mana mereka memberikan perawatan pasien langsung.

“RN memiliki ruang lingkup praktik yang mencakup pemilihan dan pemberian asuhan keperawatan dan intervensi serta pelaksanaan perintah dari NP, asisten dokter, dan MD/DO,” Dr. Jenna Liphart Rhoads, perawat dan penasihat di Nurse Together.

Apa yang dimaksud dengan praktisi perawat (NP)?

Praktisi perawat adalah perawat terdaftar praktik lanjutan dengan cakupan tanggung jawab yang diperluas. Calon praktisi perawat pertama-tama harus mendapatkan lisensi RN dan kemudian menyelesaikan program Praktisi Perawat tingkat pascasarjana—baik Doktor Praktik Keperawatan atau Magister Sains dalam Keperawatan. Seperti RN, calon praktisi perawat juga harus lulus ujian sertifikasi serta memenuhi semua persyaratan kelayakan lain yang ditentukan negara bagian yang diperlukan untuk berlatih.

Apa yang dimaksud dengan pendidikan dan pelatihan tambahan ini dalam lingkungan kerja adalah ruang lingkup praktik yang lebih besar dan otonomi yang lebih besar atas keputusan perawatan.

“Seorang praktisi perawat menjalani sekolah tambahan dan memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk mengambil peran yang lebih mandiri saat merawat pasien,” kata Kenny Kadar, presiden Coast Medical Service.

Meskipun ada perbedaan dalam pelatihan, regulasi, dan otoritas keseluruhan antara peran, pengamat luar mungkin tidak dengan mudah mendeteksi banyak perbedaan antara NP dan dokter medis saat berinteraksi dengan pasien.

“NP dapat melakukan banyak pekerjaan yang sama dengan yang dilakukan dokter dalam berbagai pengaturan yang mencakup pembulatan unit rawat inap, melihat pasien di klinik secara mandiri, melakukan prosedur, menulis pesanan, dan meresepkan obat,” kata Liphart Rhoads.

Perlu dicatat bahwa di seluruh Amerika Serikat, ada peraturan yang berbeda mengenai ruang lingkup praktik untuk praktisi perawat. Beberapa negara bagian tidak mengizinkan NP untuk meresepkan obat-obatan tertentu sementara yang lain mengharuskan mereka untuk bekerja di bawah pengawasan dokter — dan detail tentang bagaimana pengawasan itu terbentuk dapat bervariasi di setiap negara bagian. Untuk detail lebih lanjut tentang apa yang diizinkan oleh setiap negara bagian, American Association of Nurse Practitioners® memberikan gambaran umum tentang lisensi dan undang-undang praktik negara bagian untuk praktisi perawat.

Apa perbedaan antara praktisi perawat dan peran keperawatan terdaftar?

Kami telah menetapkan bahwa RN dan NP adalah peran penting dan berbeda. Tetapi bagaimana mereka membandingkannya dari sudut pandang profesional kesehatan? Michelle Bliss, seorang praktisi perawat onkologi/hematologi, mengatakan perbedaan yang paling jelas terkait dengan peningkatan lingkup praktik NP—dan tingkat tanggung jawab yang menyertainya.

Sebagai ilustrasi, Bliss menawarkan contoh bekerja dengan hasil lab pasien.

“RN diharapkan untuk meninjau lab tetapi tidak bertanggung jawab untuk menafsirkan lab tersebut, sementara NP menulis perintah untuk lab, menafsirkannya, dan mendiagnosis,” Bliss menjelaskan.

Bergantung pada pengaturan, mungkin ada perbedaan dalam jumlah total pasien yang berinteraksi dengan NP atau RN pada hari tertentu—seringkali RN akan ditugaskan ke subset pasien yang lebih kecil di unit tertentu sementara NP perlu diperiksa dengan semua.

Perbedaan ruang lingkup praktik sering kali dapat berarti ekspektasi dan jam kerja yang berbeda juga. Sebagai RN, Bliss mengatakan dia biasanya bekerja shift dan pulang.

“Jarang dihubungi tentang pekerjaan atau pasien begitu Anda pergi hari itu,” kenang Bliss. “Sebagai NP, saya kadang-kadang mendapat halaman setelah jam kerja, atau dokter memanggil saya di rumah, membuat grafik di rumah dan sering bekerja lembur.”

Pertukaran untuk memiliki tanggung jawab tambahan dan persyaratan pendidikan sebagai NP muncul ketika membandingkan potensi penghasilan. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS), gaji tahunan rata-rata 2020 untuk praktisi perawat adalah $ 111.680,1 Untuk perawat terdaftar, BLS melaporkan gaji tahunan rata-rata 2020 sebesar $ 75.330,1

Bagaimana kabar perawat?

praktisi dan peran perawat terdaftar serupa?
Jelas baik NP dan RN memainkan peran langsung dan langsung dalam perawatan pasien — tetapi bagaimana lagi mereka serupa?

Pertama, RN dan NP dapat mengejar spesialisasi untuk memfokuskan pekerjaan mereka pada jenis perawatan tertentu. Misalnya, RN dapat berspesialisasi dalam perawatan intensif, pediatri, atau sebagai perawat PACU dalam perawatan pasca-anestesi — dan itu hanya untuk beberapa nama. Praktisi perawat juga memiliki pilihan untuk mengejar area fokus khusus seperti gerontologi dewasa, kesehatan psikiatri-mental, pediatri dan banyak lagi. Satu perbedaan mengenai spesialisasi yang harus Anda ketahui adalah bahwa NP memilih fokus spesialisasi mereka sebelum atau selama sekolah pascasarjana, sementara RN memiliki fleksibilitas untuk mengubah konsentrasi setelah mendapatkan lisensi.

Pengaturan kerja juga merupakan area tumpang tindih yang signifikan. Baik RN maupun NP bekerja di ruang perawatan kesehatan yang serupa, seperti klinik keluarga, rumah sakit, dan tempat khusus seperti pusat bedah rawat jalan.

Bagi Liphart Rhoads, kesamaan peran berakar pada pendidikan keperawatan.

“Kesamaan itu bermuara pada pendidikan awal dan pandangan filosofis pasien, perawat, kesehatan, dan lingkungan,” kata Liphart Rhoads. “RN dan NP cenderung memiliki pandangan holistik yang sama tentang pasien dan kesehatan, yang mengarahkan perawatan penuh kasih yang mereka berikan.”

Bliss juga mengatakan bahwa yayasan keperawatannya terus menginformasikan pekerjaannya sebagai praktisi perawat.

“Perawat diajarkan untuk merawat seluruh orang, untuk memenuhi kebutuhan fisik, spiritual dan emosional pasien,” jelasnya. “Pengalaman RN saya mengajari saya bagaimana berbicara dengan pasien dan keluarga dan membuat saya lebih berempati. Pasien cenderung mempercayakan hal-hal yang lebih pribadi kepada perawat mereka, seperti masalah keuangan dan keluarga. Ini telah membantu saya menjadi lebih sadar akan hal-hal yang dapat memengaruhi perawatan mereka.”

Bisakah perawat terdaftar menjadi praktisi perawat?

Kabar baik bagi siapa pun yang terbelah di antara peran-peran ini adalah melakukan transisi dari RN ke NP relatif mudah. Persyaratan kelayakan khusus akan bervariasi dari satu program ke program lainnya, tetapi sebagian besar program NP setidaknya akan membutuhkan kandidat untuk menyelesaikan program Bachelor of Science dalam Keperawatan dan mendapatkan lisensi RN untuk mendaftar.

Meskipun ini adalah jalan langsung menuju kemajuan pendidikan bagi sebagian besar perawat terdaftar, upaya dan investasi yang dibutuhkan mahasiswa praktisi perawat tidak boleh dianggap enteng. Menjadi praktisi perawat adalah langkah penting dalam pengambilan keputusan dan hierarki perawatan, dan dengan itu datang pelatihan dan pendidikan ekstensif.

“Mayoritas program praktisi perawat memakan waktu tiga sampai lima tahun, tergantung pada sekolahnya,” kata Bliss. “Pengalaman ini biasanya mencakup kelas tingkat pascasarjana, jam klinis, dan proyek batu penjuru.”

Prospek karir yang cerah, apa pun perannya

Baik perawat terdaftar dan praktisi perawat akan memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan yang substansial dari generasi baby boomer yang menua. BLS memproyeksikan pekerjaan praktisi perawat tumbuh sebesar 52 persen dari 2020 hingga 2030 dan memproyeksikan pekerjaan perawat terdaftar tumbuh sebesar 9 persen selama periode yang sama.

Tidak peduli peran keperawatan yang akhirnya Anda pilih, Anda akan memiliki kesempatan untuk membuat perbedaan nyata dalam kehidupan pasien di bawah perawatan Anda. Jika Anda siap untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk memulai salah satu karir yang penuh kasih dan perhatian, lihat artikel kami “Cara Menjadi Perawat Terdaftar: Panduan Langkah-demi-Langkah Sederhana.”

Recent Posts

5 Cara Inovatif untuk Menampilkan Kepemimpinan dalam Keperawatan

Anda menyukai pekerjaan Anda sebagai RN. Anda pulang ke rumah setiap hari dengan perasaan puas…

6 hari ago

Bisakah Saya Bekerja Saat di Sekolah Perawat? Dan 6 FAQ Lainnya Tentang Menjadi Perawat

Memilih menjadi perawat adalah keputusan besar. Mungkin Anda pernah mempertimbangkannya secara singkat sebelumnya tetapi memiliki…

6 hari ago

7 Wawasan Karir yang Ingin Saya Ketahui Sebelum Memulai Sekolah Perawat

Semua orang tahu bahwa melihat ke belakang adalah 20/20. Tetapi ketika datang untuk berinvestasi dalam…

6 hari ago

6 Tanda Anda Akan Maju dalam Program Akselerasi BSN

Jika Anda telah menjelajahi opsi gelar BSN, jalur yang dipercepat pasti bisa menarik. Lulus lebih…

6 hari ago

Inovasi dalam Keperawatan: 6 Cara Bidang Ini Mendorong Maju

Anda mungkin sudah tahu sekarang betapa dinamisnya profesi keperawatan—selalu berubah, diperbarui, dan meningkat. Di tengah-tengah…

1 minggu ago

Apa Kompetensi QSEN dan Mengapa Penting bagi Perawat?

Jika Anda tertarik dengan keperawatan atau bagian mana pun dari dunia medis, Anda sudah tahu—akronim…

1 minggu ago