Categories: Uncategorized

Tips Membaca Buku Pelajaran Matematika

Membaca buku teks matematika berbeda dengan jenis membaca lainnya. Buku teks matematika mengajarkan Anda konsep dan teknik daripada menceritakan sebuah cerita. Tidak selalu strategi terbaik untuk memulai dari awal dan mencoba membaca setiap kata. Jika Anda merasa membaca buku teks matematika Anda “tidak mungkin”, cobalah beberapa strategi berikut, yang akan membantu Anda memaksimalkan bacaan Anda.

Ketahui tujuan Anda.

Cari tahu konsep apa yang harus Anda dapatkan dari bacaan – lihat silabus, bicaralah dengan profesor Anda, atau tanyakan TA Anda.
Apakah Anda membaca untuk persiapan kuliah? Fokus sebagian besar untuk mendapatkan gambaran besar dan menghasilkan pertanyaan untuk kelas. Membaca setelah kuliah? Gunakan buku ini untuk mengisi detail yang mungkin Anda lewatkan di kelas dan contoh pekerjaan untuk mendapatkan latihan ekstra.
Lihatlah jenis-jenis masalah yang diharapkan dapat Anda pecahkan atau konsep-konsep yang diharapkan dapat Anda pahami di akhir bagian ini.
Ingatlah tujuan Anda saat membaca, dan periksa diri Anda sendiri setelah menyelesaikan satu bagian.

Buat catatan … dengan kata-kata Anda sendiri.

Saat membaca buku matematika, buat catatan sebagai cara untuk menerjemahkan teks ke dalam kata-kata Anda sendiri. Ini adalah teknik belajar yang efektif – ketika Anda menuliskan definisi, teorema, dan penjelasan dengan kata-kata Anda sendiri, Anda akan lebih mungkin untuk memahami dan mengingatnya.

Jika Anda kesulitan mengungkapkan sesuatu dengan kata-kata Anda sendiri, itu mungkin berarti Anda belum memiliki pemahaman yang kuat tentangnya. Konsultasikan dengan sumber lain (misalnya buku teks atau sumber internet lain) atau orang (misalnya profesor, tutor, teman sekelas). Bahkan jika prosesnya membuat frustrasi, itu bermanfaat; menguji kemampuan Anda untuk memasukkan sesuatu ke dalam kata-kata Anda sendiri adalah cara yang baik untuk mengukur apa yang Anda ketahui dan tidak ketahui, yang merupakan bagian penting dari proses pembelajaran.

Bekerja melalui contoh.

Jangan hanya membaca sekilas (atau lebih buruk, lewati!) contohnya. Alih-alih, curahkan lebih banyak fokus Anda pada contoh. Mengerjakannya dan mengungkapkan gagasan utama di baliknya adalah cara yang bagus untuk menguji untuk memastikan Anda memahami apa yang Anda baca.
Baca dengan pensil dan kertas di tangan Anda dan ketika Anda mendapatkan contoh, kerjakan! Cobalah untuk tidak melihat solusi sampai Anda selesai.

Saat memeriksa pekerjaan Anda, pastikan Anda memahami setiap langkah dan alasannya.
Latih contoh SEBELUM Anda mencoba masalah pekerjaan rumah dan kemudian mencoba mengerjakan pekerjaan rumah Anda tanpa merujuk kembali ke contoh

Isi celah.

Buku pelajaran matematika, terutama untuk kelas tingkat yang lebih tinggi, cenderung mengabaikan detail yang mereka anggap jelas. Apa yang mungkin tampak jelas bagi penulis buku teks tidak jelas bagi semua orang!

Jika Anda membaca bukti atau solusi langkah demi langkah untuk sebuah contoh, dan Anda tidak dapat melihat bagaimana penulis mendapatkan dari satu langkah ke langkah berikutnya, cobalah untuk mengisi detail yang hilang sendiri. Jika Anda tidak dapat memahaminya sendiri, tanyakan pada orang lain (teman sekelas, tutor sebaya, TA, atau profesor).

Cobalah soal-soal di akhir bab.

Menjawab pertanyaan dan mengerjakan soal di akhir bab adalah cara yang bagus untuk menguji pemahaman Anda. Terlalu banyak siswa melewatkan kesempatan besar ini.
Lihatlah bagaimana pertanyaan-pertanyaan itu disusun – terkadang mereka bertambah sulit atau disusun berdasarkan topik.
Pastikan Anda mencoba berbagai macam masalah, tidak hanya satu topik atau semua yang mudah.

Tinjau kembali bacaannya.

Pernahkah Anda melihat film dua kali dan memahami lebih banyak untuk kedua kalinya? Hal yang sama berlaku untuk buku teks!
Cobalah membaca satu bagian sebelum Anda membahasnya di kelas untuk memberi diri Anda beberapa konteks untuk kuliah. Fokus sebagian besar pada ide-ide “gambaran besar” dan satu atau dua contoh.

Kembali ke apa yang Anda baca setelah kelas untuk membantu memperkuat apa yang Anda pelajari dan bersiap untuk tugas pekerjaan rumah.
Anda selalu dapat menggunakan buku teks Anda sebagai referensi ketika Anda lupa definisi, teorema, atau teknik pemecahan masalah juga – pastikan untuk meluangkan waktu untuk memikirkannya sendiri.

Recent Posts

5 Cara Inovatif untuk Menampilkan Kepemimpinan dalam Keperawatan

Anda menyukai pekerjaan Anda sebagai RN. Anda pulang ke rumah setiap hari dengan perasaan puas…

7 hari ago

Bisakah Saya Bekerja Saat di Sekolah Perawat? Dan 6 FAQ Lainnya Tentang Menjadi Perawat

Memilih menjadi perawat adalah keputusan besar. Mungkin Anda pernah mempertimbangkannya secara singkat sebelumnya tetapi memiliki…

7 hari ago

7 Wawasan Karir yang Ingin Saya Ketahui Sebelum Memulai Sekolah Perawat

Semua orang tahu bahwa melihat ke belakang adalah 20/20. Tetapi ketika datang untuk berinvestasi dalam…

7 hari ago

6 Tanda Anda Akan Maju dalam Program Akselerasi BSN

Jika Anda telah menjelajahi opsi gelar BSN, jalur yang dipercepat pasti bisa menarik. Lulus lebih…

7 hari ago

Inovasi dalam Keperawatan: 6 Cara Bidang Ini Mendorong Maju

Anda mungkin sudah tahu sekarang betapa dinamisnya profesi keperawatan—selalu berubah, diperbarui, dan meningkat. Di tengah-tengah…

1 minggu ago

Apa Kompetensi QSEN dan Mengapa Penting bagi Perawat?

Jika Anda tertarik dengan keperawatan atau bagian mana pun dari dunia medis, Anda sudah tahu—akronim…

1 minggu ago