Tips Mendaki Gunung Sibuatan, Hal Penting yang Wajib Kamu ketahui Sebelum ke Puncak !

Tips Mendaki Gunung Sibuatan – Selaku salah satu provinsi yang banyak didatangi turis, Sumatera Utara jelas mempunyai pesona alam yang bermacam- macam. Mulai dari danau, bukit, sampai gunung dapat kalian temukan dengan gampang. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan merupakan Gunung Sibuaten( Gunung Sibuatan) yang memegang predikat gunung paling tinggi di Sumatera Utara, ialah 2. 457 mdpl.

Tips Mendaki Gunung Sibuatan
Tips Mendaki Gunung Sibuatan

Mulanya, Gunung Sinabung ialah pemegang predikat gunung paling tinggi, ialah 2. 460 mdpl. Tetapi, sebab hadapi sebagian kali erupsi di tahun 2010– 2016, ketinggian Gunung Sinabung juga berganti jadi 2. 451 mdpl. Karenanya, Gunung Sibuatan formal jadi gunung dengan puncak paling tinggi yang nyaman buat didaki.

Aktifnya Gunung Sinabung membuat para pendaki mencari destinasi yang lain, semacam Gunung Sibuatan. Lama- kelamaan, gunung ini juga jadi tujuan kesukaan baru di golongan pencinta alam. Tidak cuma diketahui dengan julukan paling tinggi, Gunung Sibuatan pula menawarkan bermacam- macam keunikan yang lain. Ayo, ikuti apa saja yang harus kalian tahu saat sebelum mendaki gunung satu ini!

Baca Juga :

Daftar Agen Travel Medan Terbaik

Tips Mendaki Gunung Sibuatan

Akses Kendaraan

Titik kumpul utama buat mengarah Gunung Sibuatan merupakan Kota Medan. Dari pusat kota, kalian dapat naik bis ataupun angkot di Simpang Pos Padang Bulan mengarah Sidikalang, Kabupaten Dairi. Opsi yang lain, terdapat bis antarkota rute Medan–Berastagi/ Kabanjahe yang ada di Halte Terpadu Amplas.

Ekspedisi dari jalan Simpang Pos umumnya memakan waktu dekat 3 jam hingga datang di Desa Nagalingga, Kecamatan Merk, Karo. Bila berangkat dari Halte Terpadu Amplas, kalian dapat turun di Halte Kabanjahe buat melanjutkan ekspedisi dengan moda transportasi setempat mengarah Desa Nagalingga. Dari Desa Nagalingga, kalian cuma butuh menyusuri jalan Pedati buat hingga di Pintu Rimba Deleng Sibuaten.

Jalan Pendakian

Keadaan hutan di Gunung Sibuatan yang masih rimbun serta padat membuat pendakian terasa lumayan menantang. Para pendaki dianjurkan memakai sepatu bot sebab trek masih dipadati dengan lumpur yang tebal( konon, dapat menggapai setinggi lutut bila curah hujan lagi besar). Akar- akar tumbuhan besar yang melintang juga hendak sering kalian temui di jalan pendakian.

Jalan pendakian Gunung Sibuatan bermula dari Pintu Rimba Deleng Sibuaten. Pendakian umumnya memakan waktu 7–9 jam dengan total 5 titiksheltersebelum menggapai puncak. Berikut merupakan rute yang dapat kalian pakai:

Shelter 1= Ekspedisi dari Pintu Rimba hingga keShelter1 memakan waktu dekat 30 menit. Panorama alam hendak didominasi oleh pepohonan besar sebagaimana hutan di kaki gunung pada biasanya.

Shelter 2= Jarak dariShelter1 keShelter2 kurang lebih 45 menit berjalan kaki. Pada rute ini, pepohonan telah terus menjadi rimbun. Kalian juga hendak menemui banyak lumut tebal berbagai wujud yang jadi karakteristik khas Gunung Sibuatan.

Shelter 3= Ekspedisi buat mencapaishelterini dari titik tadinya hendak memakan waktu kurang lebih 3 jam. Tidak hanya memakan waktu yang lumayan panjang, jalan ini pula dikenal lumayan berat. Wisatawan dianjurkan buat mengenakan jas hujan sebab embun telah mulai timbul di kawasan ini. Shelter 3 pula jadi posisi yang pas buat istirahat.

Shelter 4= Jalan pendakian dariShelter3 keShelter4 terbilang sangat berat. Waktu pendakian memanglah cuma memakan 1 jam, tetapi keadaan ekspedisi sangat menantang. Sejauh ekspedisi, kalian hendak mengalami medan berlumpur dengan ketebalan menggapai 30–50 centimeter dan temperatur yang terus menjadi dingin.

Shelter 5= Buat mencapaiShelter5, kalian butuh menempuh ekspedisi dekat 1 jam. Medan daki juga terus menjadi terjal sehingga pendaki wajib mempunyai tumpuan supaya badan senantiasa balance. Shelter5 pula dapat dijadikan posisi berkemah untuk yang mau bermalam buat memandang matahari terbit keesokan harinya. Dari mari, puncak dapat dicapai dengan ekspedisi dekat 1 jam.

Posisi serta akses mengarah Gunung Sibuatan

Gunung Sibuatan terletak di Kabupaten Karo, daerah yang sama dengan Gunung Sinabung serta Gunung Sibanyak. Gunung ini pula masuk ke 4 kecamatan, ialah Kecamatan Merk, 3 Panah, Munte, serta Juhar.

Baca Juga :

Daftar Agen Travel Kota Padang Sidempuan Terbaik

Keistimewaan Gunung Sibuatan

Walaupun diketahui mempunyai jalan yang menantang, Gunung Sibuatan pula mempunyai bermacam- macam pesona keelokan yang hendak membayar jerih payahmu. Supaya tidak terus menjadi penasaran, ikuti sebagian keunggulan yang dipunyai Gunung Sibuatan berikut ini:

1. Hutan Lumut

Gunung Sibuatan jadi rumah untuk bermacam flora sangat jarang di Indonesia. Mulai dari kantong semar, jamur, anggrek, apalagi lumut dapat kalian temukan di mari. Walaupun diketahui selaku tanaman pengganggu, lumut di mari malah jadi energi tarik utama. Tidak hanya tidak sering ditemui di gunung yang lain, padatnya vegetasi lumut di mari pula sanggup menciptakan bentuk- bentuk yang unik.

Tingginya kelembapan hawa serta masih sedikitnya eksplorasi hutan di kawasan Gunung Sibuatan pula merangsang perkembangan lumut. Kalian hendak menciptakan hutan lumut ini dikala telah merambah ketinggian 2. 000 mdpl.

2. Puncak Pilar

Puncak Pilar merupakan puncak utama Gunung Sibuatan. Buat menggapai puncak ini, pendaki membutuhkan waktu dekat 45–60 menit ekspedisi dariShelter5. Nantinya, kalian hendak menciptakan suatu tugu beton setinggi 1, 5 m bertuliskan“ SEC Triang Nomor. 191” yang jadi indikator Puncak Pilar.

Panorama alam di Puncak Pilar merupakan salah satu panorama terbaik yang hendak memanjakan matamu. Dari puncak ini, kalian hendak terbuat kagum oleh panorama Danau Toba, Pulau Samosir, Kota Berastagi, Gunung Sibayak, Gunung Barus, Tepi laut Barat Sumatera, Gunung Sinabung, Halaman Nasional Gunung Leuser, sampai Kota Kabanjahe.

3. Kegiatan seru di Gunung Sibuatan

Gunung Sibuatan siap memanjakan pencinta alam dengan bermacam kegiatan seru. 3 perihal utama yang harus kalian nikmati di mari merupakan:

4. Berkemah di Tugu Satya

Umumnya, para pendaki hendak berkemah di Gunung Sibuatan saat sebelum mengarah Puncak Pilar. Mereka hendak berkemah di Tugu Satya( zona perkemahan diShelter5) pada malam hari, sehingga besoknya bisa mengejar matahari terbit di Puncak Pilar.

Di Tugu Satya, pendaki bisa istirahat sambil menikmati panorama alam alam yang menawan. Sembari duduk di depan tenda serta menyeruput kopi hangat, kalian bisa menghibur matamu dengan keelokan Danau Toba dari ketinggian. Panorama alam tersebut terus menjadi menarik dikala bersanding dengan panorama Bukit Gundul ataupun Bukit Sipiso- piso dari kejauhan.

5. Menikmati sunrise serta sunset di atas awan

Panorama alam matahari terbit serta terbenam di Gunung Sibuatan merupakan salah satu yang terbaik. Kalian harus melihat fenomena alam ini di Puncak Pilar apabila cuaca lagi menunjang. Buat melihat keelokan matahari terbit, kalian wajib berdiri di Puncak Timur. Dari ketinggian, kalian seakan lagi melihat momensunrisedansunsetdi atas awan sebab banyaknya gumpalan awan dikala cuaca terang.

Panorama alam matahari terbit di situ nampak sempurna dengan latar balik Danau Toba serta Pulau Samosir. Sedangkan itu, keelokan matahari terbenam bisa kalian nikmati di Puncak Barat, lengkap dengan latar balik Gunung Sinabung serta Halaman Nasional Gunung Leuser.

Peraturan harus di Gunung Sibuatan

Gunung Sibuatan populer selaku salah satu kawasan gunung yang mempunyai peraturan ketat untuk wisatawan. Dikala ini, gunung dikelola oleh komunitas Generasi Muda Pelestari( Gempari). Peraturan terbuat supaya kelestarian area Gunung Sibuatan senantiasa terpelihara. Ini ia sebagian peraturan yang harus kalian tahu serta taati:

Pendaftaran pendakian

Demi keamanan, segala wisatawan diharuskan buat melapor terlebih dulu di pos pendaftaran. Tidak hanya membagikan bukti diri individu, kalian pula butuh meninggalkan kontak keluarga ataupun orang terdekat. Dengan begitu, pengelola dapat lebih gampang berperan dikala terjalin suatu denganmu serta rombongan.

Petugas pula hendak menanyakan pengalaman kalian dalam perihal pendakian, dan berapa lama hendak menginap di Gunung Sibuatan. Untuk yang baru awal kali mendaki gunung, kalian harus mengenakan jasaranger( pemandu). Dikala pendaftaran, kalian pula wajib membayar bayaran retribusi pendakian sebesar Rp10. 000 per orang.

Jam operasional pendakian

Di Gunung Sibuatan, kalian tidak dapat melaksanakan pendakian tiap dikala. Pengelola cuma berikan izin pendakian pada jam 06: 00– 13: 00. Bila tiba melalui dari waktu tersebut, kalian hendak dimohon buat menunggu sampai esok pagi. Buat menunggu, kalian boleh bermalam di pos pendaftaran ataupun berkemah di zona dekat Pintu Rimba.

Waktu pendakian juga wajib disesuaikan dengan informasi laporan yang kalian bagikan dikala pendaftaran. Apabila kalian berencana cuma menginap 2 hari di gunung, hingga di hari kedua kalian wajib turun. Bila tidak, regu dari Gempari hendak tiba menjemputmu.

Pencatatan logistik pendaki

Dikala pendaftaran, regu Gempari pula hendak mengecek benda bawaanmu. Di mari, seluruh benda bawaan, paling utama logistik( perlengkapan serta santapan) hendak dicatat lengkap sampai jumlahnya. Pencatatan ini buat mengenali apakah logistik kalian sanggup menunjang waktu pendakian yang direncanakan. Bila logistik dikira kurang, hingga kalian wajib memenuhinya terlebih dulu buat memperoleh izin pendakian.

Ketatnya peraturan kebersihan

Pencatatan logistik tadinya pula dicoba buat mengenali kemampuan jumlah sampah yang hendak dihasilkan pendaki. Menariknya, benda bawaan pendaki hendak ditilik kembali setibanya di pos pendaftaran. Mereka hendak mengecek apakah sampah yang kalian membawa turun telah cocok dengan jumlah pencatatan dikala pendaftaran.

Bila ketahuan meninggalkan sampah, hingga kalian hendak didenda Rp500. 000 ataupun kerja bakti mensterilkan kawasan Desa Nagalingga. Lumayan menarik, bukan? Peraturan ini juga dapat melatih perilaku hirau wisatawan terhadap area!

Kirim Barang dan Paket Murah Medan di :

Tapanuli Logistik Cargo

Seperti itu bermacam data berarti yang harus kalian tahu saat sebelum mendaki Gunung Sibuatan. Jangan hingga terdapat data yang terlewatkan supaya pendakianmu di gunung paling tinggi Sumatera Utara ini senantiasa seru, nyaman, serta mengasyikkan. Mari, lekas rencanakan perjalananmu bersama saudara dekat buat jelajahi Gunung Sibuatan!

error: Content is protected !!